Tujuan penelitian ini adalah mengetahui relevansi fungsi dan peraturan administrasi pada Sub Bag. Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Pengadilan Negeri Jakarta Timur dalam pengambilan keputusan. Fungsi dan peraturan administrasi pada suatu organisasi harus benar-benar dilaksanakan dan ditaati dengan baik agar tujuan organisasi dapat tercapai serta dapat mencegah terjadinya tindak penyimpangan. Penelitan ini dilakukan di Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, yaitu metode penelitian yang menggambarkan kejadian berdasarkan data dan fakta yang selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan wawancara mendalam. Pemilihan sumber data juga menjadi pertimbangan yang sangat penting dalam melakukan penelitian ini. Pertimbangan tersebut misalnya orang yang dianggap tahu tentang penilitian yang sedang diteliti. Dalam hal ini informan-informan yang menjadi sumber data penelitian adalah Kasubbag Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Pengadilan Negeri Jakarta Timur beserta para pegawai yang bekerja di Sub Bag. Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran fungsi dan peraturan administrasi yang terdapat pada Sub Bag. Kepegawaian dan Ortala sudah sangat jelas pembagian fungsi pada masing-masing pegawai, serta peraturan-peraturannya juga sudah berlandaskan hukum yang berlaku. SOP dari setiap hal yang harus dikerjakan juga sudah dimuat lengkap dalam satu buku panduan SOP khusus untuk Sub Bag. Kepegawaian dan Ortala. Disamping itu, relevansi fungsi dan peraturan administrasi pada Sub Bag. Kepegawaian dan Ortala menjadi pedoman dalam menentukan arah kebijakan maupun pengambilan keputusan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021