Jurnal Pendidikan
Vol 20 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan

Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Murid Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah NU (MIS Nu) Palangka Raya

Janu Pinardi (Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berdasarkan masalah dengan mengambil murid kelas IVc Madrasah Ibtidaiyah NU (MIS NU) Palangkaraya sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-April 2019 dengan melaksanakan 2 tindakan pembelajaran. Tindakan I memberikan materi tentang konsep dasar pecahan dan tindakan II memberikan materi tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan yang berpenyebut sama. Setiap tindakan yang dilakukan mengikuti alur pelaksanaan penelitian tindakan kelas model kemmis dan Mc.Taggart yang meliputi pernyataan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang terkumpul dari hasil observasi dan evaluasi terhadap proses belajar dianalisis secara kualitatif dengan mendeskripsikan penerapan pembelajaran berdasarkan masalah. Sedangkan data tesm dianalisis secara kuantitatif degan perhitungan menggunakan skor. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar (79,3%) murid menguasai konsep pecahan dan operasi pecahan yang berpenyebut sama; (2) dengan penerapan pembelajaran berdasrkan masalah dapat meningkatkan keaktifan murid.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan diterbitkan sejak bulan Juni 2000 dengan ISSN 1411-481X oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya (UPR). Jurnal Pendidikan diterbitkan dua kali setahun, setiap bulan Juni dan Desember. Jurnal Pendidikan berisi artikel-artikel hasil ...