Pengaruh negatif dari globalisasi akan mengikis nilai-nilaikearifan lokal yang ada di sekeliling peserta didik. Pendidikanadalah satu proses dalam mengajarkan nilai-nilai yang diyakini,kebiasaan sosial, sikap, dan tingkah laku yang berkembang dalamsuatu masyarakat kepada peserta didik. Pendidikan merupakanmedia transformasi, internalisasi, dan pembiasaan budaya yang diada di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikannilai kearifan lokal pada materi pembelajaran dan mediapembelajaran yang tertuang dalam perangkat pembelajaran (RPP)PPKn yang mengintegrasikan nilai kearifan lokal Dayak Ngajupada materi karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangkaNKRI di kelas VII. Desain penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan FocusGroup Discussion (FGD). FGD dihadiri oleh guru-guru PPKnSMPN di Kota Palangka Raya, pakar budaya, dan pakar pendidikandari lingkungan Universitas Palangka Raya. FGD bertujuan untukmenggali nilai kearifan lokal Dayak Ngaju sesuai materi memahamikarakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI.Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat nilai-nilaikearifan Dayak Ngaju yang dapat diintegrasikan pada materi danmedia materi karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangkaNKRI di kelas VII diantaranya Filosofi “huma betang“, “handephapakat“, “batang garing “, dan “penyang hinje simpei“.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017