Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA)
Vol. 2 No. 1 (2022): Article Research Volume 2 Nomor 1, Maret 2022

Dampak pandemi covid-19 pada CSR spending perusahaan go public di Indonesia: studi pada perusahaan yang terdaftar di BEI

Suhita Whini Setyahuni (Universitas Dian Nuswantoro)
RR Wulan Indri Widiar (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan rata-rata CSR spending perusahaan go public di Indonesia pada masa sebelum pandemi COVID-19 tahun 2019 dan saat pandemi COVID-19 tahun 2020. Dengan menggunakan uji beda paired sample t-test, penelitian ini menguji 136 sampel perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2019 dan tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada jumlah CSR spending sebelum pandemi COVID-19 dan saat pandemi COVID-19. Penurunan CSR spending terjadi di semua sektor industri di Indonesia selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini berfokus pada pengujian CSR spending, yang merupakan perspektif baru pada penelitian mengenai CSR, terutama aktivitas CSR selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini memberikan bukti empiris pada telaah literatur mengenai strategi mitigasi perusahaan terkait dengan aktivitas CSR pada periode krisis yang disebabkan oleh COVID-19. Penelitian ini juga memberikan perspektif baru mengenai aktivitas CSR dalam konteks stratejik perusahaan. Bagi ranah praktik bisnis, penelitian ini memberikan literatur mengenai bentuk perumusan coping strategy selama masa pandemi COVID-19 terutama yang berkaitan dengan efisiensi biaya CSR.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jebma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA) adalah Jurnal Nasional dalam bidang ilmu ekonomi bisnis, manajemen dan akuntansi. JEBMA terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan November. JEBMA bertujuan untuk mempromosikan hasil penelitian di bidang ekonomi bisnis, manajemen ...