Emphaty Cons : Journal of Guidance and Counseling
Vol 2 No 1 (2020): Februari 2020

Peningkatan Kemampuan Komunikasi Verbal Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama di SMK Negeri 1 Demak

-, erlina rachmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2020

Abstract

Hasil kemampuan komunikasi verbal pada siswa sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada kriteria rendah yaitu dengan presetase 34.8% dengan keterbukaan 33.3% rendah, empat 34,4% rendah, dukungan 33,8% rendah, perasaan positif 32.5% rendah, dan kesamaan 39,2% rendah. Setelah mendapat layanan bimbingan belajar dengan teknik sosiodrama pada kriteria baik dengan presentase 71.9%. Sehingga terjadi peningkatan kemampuan komunikasi verbal siswa secara keterbukaan 70,8% sedang, empati 71,3% sedang, dukungan 69,4% sedang, perasaan positif 74,0% sedang dan kesamaan 73,3% sedang yang dirasakan siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelomok dengan teknik sosiodrama dengan teknik sosiodrama yaitu dari 34.8 % dengan kriteria rendah menjadi 71.9% sedang dengan kriteria sedang itu artinya secara keseluruhan komunikasi verbal siswa mengalami kenaikan sebesar 37.1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dinilai efektif dalam meningkatkan komunikasi verbal siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

emp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal empathy cons adalah jurnal yang menerbitkan karya ilmiah di bidang bimbingan dan konseling yang terkait dengan bidang pendidikan dan non pendidikan. Jurnal ini menyediakan kesempatan bagi para peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiahnya, bidang konseling dan psikologi yang akan ...