Hasil kemampuan komunikasi verbal pada siswa sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada kriteria rendah yaitu dengan presetase 34.8% dengan keterbukaan 33.3% rendah, empat 34,4% rendah, dukungan 33,8% rendah, perasaan positif 32.5% rendah, dan kesamaan 39,2% rendah. Setelah mendapat layanan bimbingan belajar dengan teknik sosiodrama pada kriteria baik dengan presentase 71.9%. Sehingga terjadi peningkatan kemampuan komunikasi verbal siswa secara keterbukaan 70,8% sedang, empati 71,3% sedang, dukungan 69,4% sedang, perasaan positif 74,0% sedang dan kesamaan 73,3% sedang yang dirasakan siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelomok dengan teknik sosiodrama dengan teknik sosiodrama yaitu dari 34.8 % dengan kriteria rendah menjadi 71.9% sedang dengan kriteria sedang itu artinya secara keseluruhan komunikasi verbal siswa mengalami kenaikan sebesar 37.1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dinilai efektif dalam meningkatkan komunikasi verbal siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020