Penelitian ini bertujuan, menggambarkan secara empiris peningkatan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah pada siswa kelas VII SMP YPE Semarang tahun ajaran 2018/2019 melalui layanan bimbingan kelompok.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 10 siswa kelas VII yang nantinya menjadi anggota bimbingan kelompok, dan guru BK (kolaborator). Objek penelitiannya penyesuaian diri. Metode pengumpulan data observasi dan angket. Teknik analisis data adalah analisis interaktif dan analisis deskriptif persentase.Hasil penelitian pada pra siklus sebesar 34% dengan kriteria rendah. Pada siklus 1 kinerja kolaborator hasil skor persentase 53,2% dengan kriteria sedang dan pada siklus II skor persentase 84,3% dengan kriteria tinggi. Pada kinerja siswa hasil skor persentase 52,1% dengan kriteria sedang dan pada di siklus II hasil skor persentase sejumlah 80% dengan kriteria tinggi. Dan di pasca siklus di dapat hasil sebesar 96% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan: Skor persentase perilaku penyesuaian diri siswa sebelum diberi layanan bimbingan kelompok adalah 34% dengan kriteria rendah. Kemudian skor persentase perilaku penyesuaian diri siswa setelah diberi layanan bimbingan kelompok adalah 96% dengan kriteria sangat baik, hasil tersebut telah mencapai indikator keberhasilan 50% dari kondisi awal. Hal ini membuktikan layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VII di SMP YPE Semarang
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019