Jurnal Family Education
Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Family Education

Hubungan Intensitas Interaksi Orang tua Bersama anak usia 5-6 tahun di Kenagarian Salido Kecamatan IV Jurai

Regina Rusliana (Universitas Negeri Padang)
Ismaniar Ismaniar (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Kenagarian Salido Kecamatan IV Jurai. Diduga salah satu penyebabnya adalah karena intensitas interaksi orang tua bersama anak masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: menggambarkan intensitas interaksi orang tua bersama anak; menggambarkan kemampuan berbicara anak; dan melihat hubungan intensitas interaksi orang tua bersama anak dengan kemampuan berbicara anak di Kenagarian Salido Kecamatan IV Jurai. Penelitian ini berjenis kuantitatif teknik korelasional. Populasi penelitian adalah orangtua dari anak usia dini di Nagari Salido Kecamatan IV Jurai. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan Random Sampling. Teknik pengumpulan datanya berupa angket dengan alatnya berupa kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisi dengan rumus persentase dan korelasi Spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Intensitas interaksi orang tua bersama anak usia dini dikategorikan masih rendah; Kemampuan berbicara anak usia dini dikategorikan masih rendah, dan terdapat hubungan signifikan antara intensitas interaksi orang tua bersama anak dengan kemampuan berbicara anak dini di Kenagarian Salido Kecamatan IV Jurai. Disarankan kepada keluarga supaya menjalin komunikasi secara harmonis, intensif, dan dinamis dengan anak sehingga kemampuan bicara anak meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jfe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Family Education is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by Universitas Negeri Padang . ISSN: 2808-9669 (Electronic)This journal publish (February, May, Agust, November). The main focuses of this journal are the Administration of Education, Guidance and Counseling, ...