Abstrak Pada saat ini pengukuran kinerja di Fakultas Teknik – Universitas Esa Unggul belum dirumuskan secara komprehensif dan menyeluruh sesuai dengan visi, misi dan tujuan dari Fakultas. Hal ini akan mempengaruhi langkah-langkah strategis yang perlu dilakukan pada masa yang akan datang dan upaya perbaikan kinerja untuk meningkatkan kinerja Fakultas Teknik Universitas Esa Unggul secara berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang suatu sistem pengukuran kinerja di Fakultas Teknik Universitas Esa Unggul  menggunakan metode Balanced Scorecard dan Analytical Hirarchy Process (AHP). Metode Balanced Scorecard adalah salah satu metode pengukuran kinerja yang mampu mengukur kinerja secara lebih seimbang dan komprehensif dengan melihat kepada 4 (empat) perspektif, yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada pemangku kepentingan di Fakultas Teknik Universitas Esa Unggul, yang terdiri dari: pejabat struktural di Fakultas dan Prodi, dosen tetap dan staf administrasi Fakultas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 19 sasaran strategis yang ingin dicapai dengan prioritas sasaran adalah: meningkatkan penerimaan Fakultas (bobot 10%), meningkatkan jumlah dosen yang berpendidikan S2 dan S3 (bobot 9%), meningkatkan dana operasional untuk kegiatan Tridarma (bobot 8%), meningkatkan jumlah penerimaan mahasiswa (bobot 7%), meningkatkan realisasi anggaran, meningkatkan IPK lulusan dan meningkatkan dukungan teknologi informasi dengan bobot masing-masing 6%. Kata kunci: Pengukuran kinerja, Balanced Scorecard, Analytical Hirarchy Process.Â
Copyrights © 2013