AbstrakDunia industri dan jasa manufaktur di Indonesia semakin meningkat. Perkembangan tersebutmenuntut adanya sumber daya manusia yang dapat bersaing. Tetapi para praktisi yang dimilikidalam dunia industri masih kurang mempunyai pengetahuan yang cukup. Dengan demikiandiperlukan suatu pendidikan pasca sarjana yang khusus untuk memperhatikan masalah keteknikanindustri. Studi Teknik Industri ditujukan bagi para sarjana Teknik, MIPA, Ekonomi, ataukomputer yang akan meningkatkan kemampuan dalam bidang Teknik Industri. Untuk menunjangpembelajaran diperlukan sarana dan prasarana yang memadai. Penelitian ini dilakukan di MagisterFT – Universitas Y, dengan tujuan untuk mengidentifikasi harapan konsumen terhadap programS2 TI FT Universitas Y, mengidentifikasikan persepsi konsumenterhadap program S2 TI FTUniversitas Y. Penelitian ini menggunakan metode analisa Gaps dan QFD. Dari penelitian inidiketahui bahwa harapan konsumen terhadap program S2 TI FT Universitas Y sangat besarkenyataan yang diterima konsumen terhadap program S2 TI FT Universitas Y lebih rendahdibandingkan harapan konsumen, sehingga menyebabkan kesenjangan akibat perbedaan persepsimutu.Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Pengembangan Produk, Analisa Gaps, QFD
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2007