JURNAL PENDIDIKAN DAN BISNIS
Vol. 1 No. 1 (2019): Panca Sakti Bekasi : JURNAL PENDIDIKAN dan BISNIS (September 2019)

HUBUNGAN GIZI DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PAUD AL ISLAMIYAH KECAMATAN KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR

Akhmad Subkhi Ramadani (Universitas MH Thamrin)
Yuni Sahrani (Universitas MH Thamrin)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2019

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dikembangkan sejak usia dini. Namun perkembangan kognitif tidak akan berkembang secara optimal jika tidak di stimulus dan dikembangkan. Berdasarkan observasi pendahuluan di PAUD Al Islamiyah Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur ditemui perkembangan kognitif anak yang tidak baik 7 anak, cukup berkembang 6 anak, dan baik 2 anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara gizi dengan perkembangan kognitif anak usia dini di PAUD Al Islamiyah Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian koresional. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara gizi dengan perkembangan kognitif anak usia dini di PAUD Al Islamiyah Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur Kramat Jati Jakarta Timur yang berumur 4-5 tahun sebanyak 15 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis, diketahui bahwa = 0,913 dengan jumlah sampel N = 15, yang kemudian dikonsultasikan pada tabel dengan taraf signifikansi 5% dihasilkan 0,913 > 0,514, dengan demikian dapat diketahui bahwa r hitung lebih besar dari r tabel, yang berarti ada korelasi (hubungan) yang signifikan antara gizi dengan perkembangan kognitif anak usia dini di PAUD Al Islamiyah Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Bisnis berisi pokok-pokok permasalahan baik dalam pengembangan kerangka teoritis, implementasi maupun kemungkinan pengembangan Pendidikan dan Bisnis secara ...