Penelitian ini membahas tentang efektivitas penggunaan metode membaca senyap untuk meningkatkan pemahaman membaca bacaan berbahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Penelitian ini dilatarbelakangi lemahnya pemahaman peserta didik dalam memahami bacaan berbahasa Arab dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah metode membaca senyap efektiv untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca bacaan berbahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian pretest posttest non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrument penelitian yang digunakan untuk menguji pemahaman peserta didik berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Uji Normalitas, Uji Paired Sample t-Test dan Uji N-gain score. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata nilai post test kelompok eksperimen dengan menggunakan metode membaca senyap adalah 84,18 dan kelompok kontrol 76,18. Adapun uji perbedaan rata-rata hasil pre-test dan post-test menggunakan paired sample t-Test diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Dan hasil perhitungan uji N-gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 60,8050 atau 60,8% termasuk dalam kategori cukup efektiv. Maka Penggunaan Metode Membaca Senyap Efektiv untuk meningkatkan pemahaman membaca di MAN 2 Samarinda.
Copyrights © 2020