cover
Contact Name
Anwaril Hamidy
Contact Email
anwarilhamidyiainsmd@gmail.com
Phone
+6281347076592
Journal Mail Official
jtarbiyahwatalim@gmail.com
Editorial Address
Jl HAM Rifaddin, Samarinda
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 23551003     EISSN : 27148483     DOI : https://doi.org/10.21093/twt.vxxiyy
Core Subject : Social,
Tarbiyah Wa Talim provides scientific article of education that developed in attendance through the article publications, book reviews, original research report, reviews, and scientific commentaries in Islamic education. Tarbiyah wa Talim encompasses research articles, original research report, reviews, and scientific commentaries in education, including Islamic Education, Islamic Education Management, Language Education, Early Childhood Education, Elementary Education, Teacher Education, Mathematic Education, Biology Education and Science Education.
Articles 187 Documents
Konsep Institusi Keluarga dalam Islam Pertiwi Rini Nurdiani
Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6 No 3 (2019): Tarbiyah Wa Ta'lim
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.965 KB) | DOI: 10.21093/twt.v6i3.1726

Abstract

Penyimpangan institusi keluarga yang terjadi di Barat masih terus terjadi. Penyimpangan tersebut ditandai dengan lahirnya sebuah gerakan perempuan yang berusaha meruntuhkan tatanan keluarga masyarakat, gerakan tersebut dinamakan feminisme. Kaum feminis menganggap jika institusi keluarga ialah musuh terbesar dan utama yang harus dimusnahkan perannya. Menurut gerakan tersebut, tidak ada aturan dalam pembagian peran yang ketat antara suami dan istri dalam keluarga karena dianggap terjadi pendiskriminasian. Pendiskriminasian mereka tandai dengan adanya paham patriarki di dalam keluarga, yaitu pendominasian peran laki-laki di dalam sebuah keluarga. Pendominasian tersebut dimaksudkan dengan adanya ketimpangan hak dan kewajiban antara suami-istri. Maka, hal ini yang menyebabkan kaum feminis mengusung tidak adanya pembagian peran yang ketat antara suami dan istri. Sehingga pembagian peran suami-istri tidak lagi bergantung pada jenis kelaminnya yaitu perempuan dan laki-laki. Sebagai pembanding dan penyelesaian dari permasalahan tersebut, tulisan ini akan menjelaskan bagaimana konsep institusi keluarga dalam Islam. Dari artikel ini dapat dipahami bahwa pemikiran Barat, khususnya kaum feminis telah melahirkan ketidakhormanisan di dalam keluarga. Dapat kita lihat melalui bukti nyata yang sedang terjadi di Barat, seperti banyaknya para istri yang kini tidak lagi berkenan melakukan kewajiban seorang istri yakni melakukan pekerjaan rumah seperti memasak, merawat anak dan lain hal sebagainya. Berlawanan dengan hal tersebut, Islam hadir dengan mengarahkan keadilan dan kesesuaian posisi antara suami-istri. Dalam Islam, keharmonisan dalam keluarga dijunjung tinggi dengan cara ketika seorang suami mempunyai kewajiban atas istrinya, maka seorang istri dituntut untuk melaksnakan kewajibannya sebagai seorang istri atas suami. Sehingga tidak akan ada ketimpangan yang terjadi di dalam keluarga.Kata Kunci: Barat, Feminisme, Institusi Keluarga, Islam
Korelasi Antara Tanggung Jawab Belajar dengan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran PAI Siswa SMPN 1 Muara Pahu Rossi Febri Rahayu
Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6 No 3 (2019): Tarbiyah Wa Ta'lim
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.776 KB) | DOI: 10.21093/twt.v6i3.1732

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi, siswa kurang memiliki tanggung jawab dalam belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi yang signifikan dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan ada dan tidaknya korelasi antara tanggung jawab belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran siswa SMP Negeri 1 Muara Pahu. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 182 orang, dan sampel sebanyak 65 responden. Dari hasil dan analisis data dapat disimpulkan bahwa korelasi antara tanggung jawab belajar dengan prestasi belajar siswa berkorelasi negatif atau tidak memiliki hubungan yang signifikan. Faktor-faktor yang menyebabkan tanggung jawab belajar dengan prestasi belajar tidak berhubungan karena beberapa hal, yaitu: 1) siswa kurang memiliki sikap yang positif, 2) siswa memiliki kontrol diri yang kurang, 3) siswa menunda-nunda mengenrjakan PR, 4) siswa terlalu santai dengan tugasnya, 5) perhatian orang tua terhadap prestasi siswa, 6) peran guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Samarinda Nur Aini
Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6 No 3 (2019): Tarbiyah Wa Ta'lim
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.644 KB) | DOI: 10.21093/twt.v6i3.1733

Abstract

Supervisi yang dilakukan kepala sekolah SMK Farmasi Samarinda terhadap guru untuk pembelajaran di sekolah sudah berjalan dengan ketentuan supervisi yang ada, supervisi yang dilakukan kepala sekolah diantaranya seperti diadakannya rapat untuk melihat perkembangan peserta didik di dalam kelas, kepala sekolah juga meninjau kelas setiap hari untuk melihat berjalan atau tidaknya pembelajaran dalam kelas, sarana dan prasarana yang dibutuhkan di dalam kelas, absen guru yang dirangkap setiap minggunya, setiap proses belajar mengajar guru wajib membawa RPP, Program Tahunan, dan Program Semester. Supervisi yang dilakukan kepala sekolah cukup efektif untuk proses pembelajaran di sekolah. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi supervisi kepala sekolah terhadap guru di SMK Farmasi Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi lapangan dan wawancara. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menganalisa data yang diperoleh adalah dari wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah Siti Julaiha
Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6 No 3 (2019): Tarbiyah Wa Ta'lim
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.095 KB) | DOI: 10.21093/twt.v6i3.1734

Abstract

Sekolah merupakan suatu lembaga yang mempunyai berbagai komponen pendidikan yang harus dikelola oleh seorang manajer sekaligus leader dalam lembaga pendidikan.  Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin mempunyai peran aktif dan senantiasa berpengaruh dalam segala masalah yang berkaitan denngan kebutuhan staff, guru dan siswa di sekolah. Kepala sekolah bertanggung jawab terhadap keberhasilan penyelenggaraan pendidikan dengan cara melaksanakan administrasi sekolah denngan seluruh substansinya, disamping itu kepala sekolah bertanggung jawab terhadap kualitas sumber daya yang ada agar mereka mampu menjalankan tugas-tugas sesuai dengan tugas dan fingsi masing-masing. Begitu beratnya tugas seorang kepala sekolah yang ditugaskan untuk mengkoordinir seluruh kegiatan di sekolah ditambah dengan kewajiban mengajarnya, namun dengan adanya PP No 19 tahun 2017 kepala sekolah dapat bernapas lega karena mereka tidak diwajibkan mengajar lagi. Namun demikian,  kompetensi dan standar untuk menjadi kepala sekolah harus tetap diperhatikan dan menjadi syarat ketentuan yang berlaku untuk menjadi kepala sekolah.
Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMA Negeri 6 Samarinda Dimas Ayu Khrisnamurti
Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6 No 3 (2019): Tarbiyah Wa Ta'lim
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.796 KB) | DOI: 10.21093/twt.v6i3.1736

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kepala sekolah merupakan faktor utama kunci keberhasilan yang akan mengarahkan kepada kemajuan sekolah. Dalam melakukan kegiatan ini sangat bergantung pada kemampuan kepala sekolah dalam menguasai strategi-strategi yang akan dilakukan dalam upaya meningkatkan standar pendidik dan tenaga kependidikan. Tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah diharapkan sesuai dengan standar nasional yang telah ditentukan agar dapat menunjang berhasil nya tujuan pendidikan. Untuk menjamin tercapainya tujuan sekolah, kepala sekolah wajib memahami tahapan-tahapan dalam pelaksanaan strategi yang akan dilakukan dalam meningkatkan standar pendidik dan tenaga kependidikan. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan standar pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Negeri 6 Samarinda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan standar pendidik dan tenaga kependidikan ini melalui beberapa tahapan, untuk menjaga konsistensi tenaga pendidik kepala sekolah memberikan pengarahan kepada guru untuk melakukan pelatihan-pelatihan diklat dan MGMP, strategi tersebut menyesuaikan situasi dan kondisi dari setiap bidangnya. Sehingga strategi yang dilakukan oleh lembaga pendidikan SMA Negeri 6 Samarinda yang dilakukan oleh Kepala sekolah dapat terlaksana dengan baik dan terstruktur.
Pengaruh Rasio Jumlah Siswa dalam Kelas Terhadap Efektivitas Pembelajaran PAI di SMK Farmasi Samarinda Nurnajmi Wahyuningsih; Etty Nurbayani; Wildan Saugi
Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): TARBIYAH WA TA'LIM
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1434.564 KB) | DOI: 10.21093/twt.v6i1.1941

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah jumlah siswa pada rombongan belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Farmasi Samarinda yang melebihi kapasitas jumlah siswa perkelas yang telah ditetapkan pemerintah, sehingga membuat proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kurang efektif. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh rasio jumlah siswa dalam kelas terhadap efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Farmasi Samarinda. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa SMK Farmasi Samarinda yang berjumlah 435 siswa dan sampel sebanyak 81 responden dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi, dan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, koefisien determinan dan uji t. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan antara rasio jumlah siswa dalam kelas terhadap efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 0,281 yang apabila diinterpretasikan dengan tabel r berada diantara 0,20-0,399 berarti tingkat hubungannya rendah. Pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansi menggunakan rumus uji t, diperoleh nilai thitung = 2,6037 > ttabel = 1,999045 sehingga Ho ditolak dan Hα diterima bahwa ada pengaruh yang signifikan antara rasio jumlah siswa dalam kelas terhadap efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKS Farmasi Samarinda dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,281 dapat dimaknai bahwa besarnya sumbangan variabel rasio jumlah siswa dalam kelas terhadap efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Farmasi Samarinda sebesar 7,9%.Kata Kunci: rasio jumlah siswa, efektivitas pembelajaran, SMK Farmasi
Idealitas dan Realitas Adab Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Samarinda Rahma Fitria Purwaningsih; Umar Fauzan
Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): TARBIYAH WA TA'LIM
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (58.735 KB) | DOI: 10.21093/twt.v6i1.2027

Abstract

Pendidikan menjadi suatu kebutuhan yang memiliki pengaruh besar dan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman, dengan berbagai ciri dan penerapan sesuai dengan kondisi dan situasi pendidikan tersebut berada. Pendidikan yang diberikan bukanlah omong kosong belaka, melainkan bersumber dari berbagai sumber termasuk perspektif Islam. Di sisi lain, era digital mengikis sedikit demi sedikit karakter bangsa Indonesia, dan kehadiran PAI diharapkan mampu menjadi jembatan dalam perbaikan dan penguatan karakter dari pengaruh dunia Barat melalui pendidikan adab. Sehingga pendidikan adab berkontribusi dengan membantu mengarahkan segala bentuk pendidikan kepada nilai-nilai Islam dengan tidak menafikan kebutuhan dunia. Idealitas adab penuntut ilmu tertera dalam kitab fonumental Ta’lim Muta’alim yang telah diajarkan pada semester awal bangku perkuliahan, termasuk IAIN Samarinda. Tujuan penelitian ini yakni agar dapat mengetahui bagaimana idealitas adab, dan bagaimana realita adab mahasiswa di FTIK IAIN Samarinda beserta tawaran solusinya. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan gambaran secara umum tentang permasalahan yang terjadi. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Samarinda, sebab latar belakang keilmuwan yang mengarahkan calon pendidik untuk mengajarkan ilmu pengetahuan dengan tidak meninggalkan nilai-nilai Islam di dalamnya. Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara yang dibuat berdasarkan masalah seputar adab, dan diberikan secara acak kepada mahasiswa. Analisis data dihitung dengan mencari persentase dari setiap rumusan masalah. Hasil dari penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan mengenai idealitas adab, namun pada kenyataannya terjadi kesenjangan dalam penerapan yang sebagian besar disebabkan oleh teknologi.
Menanamkan Nilai Kejujuran Sebagai Revolusi Mental Pada Generasi Penerus Bangsa Siti Aisyah
Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): TARBIYAH WA TA'LIM
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.874 KB) | DOI: 10.21093/twt.v6i2.2028

Abstract

Nilai jujur sudah tergerus oleh runtuhnya pola pikir yang disebabkan mental anak bangsa sudah tak suci lagi. Banyak yang mempengaruhi kemerosotan nilai jujur tersebut, dari pengaruh pendidikan yang kurang bisa membekali diri peserta didik yang menjadi lulusannya. Kemudian dari pengaruh lingkungan yang memaksa untuk menanggalkan nilai kejujuran demi tercapainya suatu tujuan. Dari fenomena tersebut dapat juga kita temui tertanggalkannya nilai kejujuran dalam proses pembelajaran, dari dilaksanakannya pada Ujian Nasional dan sampai kepada pengerjaan tugas sekolah. Anak-anak dituntut untuk mendapatkan nilai baik, tetapi para pendidik lupa akan letak kejujuran yang harus diindahkan dalam segala kegiatan. Alhasil pencapaian yang dikejar memang baik, tapi jauh dari kata kejujuran (mencontek). Nilai kejujuran yang sangat mempengaruhi suatu perubahan bangsa, apakah menjadi bangsa yang beradab dalam peradabannya atau malah sebaliknya. Maka dari itu, penting kiranya kita mengupas kebermaknaan dari nilai kejujuran pada generasi muda bangsa serta mengetahui apa saja yang menjadi masalah dalam sendatnya arus peradaban suatu bangsa.
Persepsi Mahasiswa KKI IAIN Samarinda Terhadap Implementasi Islam Moderat Githa Paradikma
Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): TARBIYAH WA TA'LIM
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (845.954 KB) | DOI: 10.21093/twt.v6i1.2037

Abstract

IAIN Samarinda adalah perguruan  tinggi yang berlebel keislaman, sehingga memiliki peran yang sangat penting dalam pengimplementasian Islam moderat. Mengapa demikian?, karena dalam dunia pendidikanlah pemahaman mengenai agama secara luas dipelajari. Selain itu, saat ini  semua pihak berharap besar pada pendidikan tinggi untuk dapat mensejahterakan rakyat termasuk menjamin kehidupan masyarakat beragama Islam moderat. Dengan demikian, sebelum mengarahkan ataupun menjamin kesejahteraan masyarakat, terlebih dahulu pengimplementasian Islam moderat dilaksanakan di lingkungan kampus agar terlihat dan tahu bagaimana cara semestinya pelaksanaan Islam moderat yang benar tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) terhadap implementasi Islam moderat. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Partisipan penelitian adalah mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara dalam bentuk online dengan 51 jumlah responden, pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan Islam moderat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 92% mahasiswa Kelas Khusus Internasioanl (KKI) tidak merasa terganggu dengan seseorang yang menggunakan atribut keagamaan seperti cadar, 92% mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) tetap membatasi pergaulan antara laki-laki dan perempuan, dan 96% mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) tidak membatasi dalam memilih teman. Jadi, kesimpulan penelitian ini adalah bahwa persepsi mayoritas mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) terhadap implementasi Islam moderat adalah baik dengan persentasi 93,5%. Kategori tingkat persepsi baik ini lebih dikarenakan, mayoritas mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) paham tentang Islam moderat dan berpendapat bahwa penerapan Islam moderat sangat penting di laksanakan.
Eksistensi Mahasiswa Kelas Internasional dalam Meningkatkan Pemahaman Kontekstual Hadits Santri Asrama IAIN Samarinda Rahma Fitria Purwaningsih; Dinda Khoirunnisa Adani
Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): TARBIYAH WA TA'LIM
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (771.365 KB) | DOI: 10.21093/twt.v6i2.2039

Abstract

Kelas Internasional bertujuan untuk mencetak generasi-generasi unggul dibidangnya. Hasil dari program kelas Internasional diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di IAIN Samarinda, melalui eksistensi mahasiswa sebagai upaya meningkatkan pemahaman Hadits santri asrama IAIN Samarinda dalam mewujudkan Indonesia emas 2045. Tujuan dari penulisan karya tulis ilmiah ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengajaran di kelas Internasional di IAIN Samarinda, bagaimana pemahaman santri asrama terhadap hadits, dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh mahasiswa kelas Internasional IAIN Samarinda dalam mewujudkan Indonesia emas 2045, serta tingkat pemahaman hadits santri asrama IAIN Samarinda. Desain penelitian ini adalah statistik deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas internasional IAIN Samarinda dan santri asrama IAIN Samarinda. Instrument yang digunakan adalah angket, wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah eksistensi mahasiswa kelas Internasional mampu meningkatkan pemahaman hadits santri asrama IAIN Samarinda demi terwujudnya Indonesia emas 2045.

Page 1 of 19 | Total Record : 187