Best Practice disusun dengan tujuan untuk memaparkan hasil terbaik berupa keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPA dengan memanfaatkan modul pembelajaran IPA berbasis eksperimen. Praktik terbaik dilaksanakan di MTs Negeri 6 Tangerang mulai dari tanggal 14 Oktober-14 November 2019. Siswa yang terlibat adalah siswa kelas 7.4, 7.5, dan 7.6 dengan total 107 siswa. Modul pembelajaran digunakan sebagai panduan ketika siswa melakukan eksperimen pada materi Larutan Asam dan Basa. Dilakukan penilaian yang meliputi aspek keterampilan dan kognitif. Hasil penilaian keterampilan menunjukkan bahwa dari 107 siswa, 85 siswa atau 79,4% mendapatkan skor 4 dan 16 siswa atau 14,9% mendapatkan skor 3, serta tidak ada yang mendapatkan skor 2 dan 1 . Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk penilaian kognitif berupa evaluasi posttest menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dibandingkan hasil pretest.
Copyrights © 2021