TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru
Vol. 1 No. 1 (2021)

PEMANFAATAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA MTs KELAS VII

SASTRIVIANA WAHYU SWARININGTYAS (MTs Negeri 6 Tangerang)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2021

Abstract

Best Practice disusun dengan tujuan untuk memaparkan hasil terbaik berupa keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPA dengan memanfaatkan modul pembelajaran IPA berbasis eksperimen. Praktik terbaik dilaksanakan di MTs Negeri 6 Tangerang mulai dari tanggal 14 Oktober-14 November 2019. Siswa yang terlibat adalah siswa kelas 7.4, 7.5, dan 7.6 dengan total 107 siswa. Modul pembelajaran digunakan sebagai panduan ketika siswa melakukan eksperimen pada materi Larutan Asam dan Basa. Dilakukan penilaian yang meliputi aspek keterampilan dan kognitif. Hasil penilaian keterampilan menunjukkan bahwa dari 107 siswa, 85 siswa atau 79,4% mendapatkan skor 4 dan 16 siswa atau 14,9% mendapatkan skor 3, serta tidak ada yang mendapatkan skor 2 dan 1 . Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk penilaian kognitif berupa evaluasi posttest menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dibandingkan hasil pretest.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

teacher

Publisher

Subject

Education Other

Description

TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam smua disiplin ilmu yang berkaitan dengan karya tulis ilmiah yang dibuat oleh seorang pendidik dan lain ...