Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksiedukatif antara guru dengan siswaterhadap prestasi belajar siswapada mata pelajaran ekonomi kelas XMA Nurul Iman Dasan MakamLombok Timur tahun ajaran 2011-2012. Penelitian ini merupakanpenelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linear sederhanadan pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif korelasionalsebab akibat.Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas X MA Nurul Iman Dasan Makam tahun pelajaran 2011-2012.Metode pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu: 1)metode angket, 2) metode observasi, 3) metode dokumentasi. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh interaksi edukatif antaraguru dengan siswaterhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaranekonomi kelas X MA Nurul Iman Dasan Makam Lombok Timur tahunajaran 2011-2012.Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan r hitunglebih besar dari r tabel baik untuk kesalahan 5% maupun 1% (0,696>0,413 > 0,320).Persamaan regresi yang dapat disusun dari variabelindependen (interaksi edukatif antara guru dengan siswa) dan variabeldependen prestasi belajar siswa yaitu ? = 43,680 + 0,584X.
Copyrights © 2015