Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendiskripsikan peningkatan hasil penilaian kinerja guru SDN Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun kabupaten ponorogo dengan penerapan penilaian portofolio. Pendekatan yang digunakan penelitian diskriptif kualitatif jenis PTS (Penelitian Tindakan Sekolah). Penelitian kualitatif deskriptif yaitu data yang dihimpun berbentuk kalimat, gambar, bukan angka-angka. Sedangkan PTS adalah penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti (umumnya juga praktisi) di sekolah untuk membuat peneliti lebih profesional.. Penilaian portofolio meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, professional, dan sosial. Langkah-langkah dalam penelitian ini dilaksanakan dengan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) penilaian. Penilaian dilakukan melalui 2 siklus dengan hasil perbandingan terjadi peningkatan kinerja guru pada siklus ke 2. Hasil penilaian pada kompetensi pedagogik mengalami kenaikan sebesar 7.92 poin, kepribadian 8,49 poin, professional 8,5, dan sosial 13,25 poin.
Copyrights © 2022