Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses penyelenggaraan pendidikan berkesetaraan gender di Universitas Malikussaleh (Unimal), dengan menghadirkan analisis institusional serta baseline study. Studi ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses penyelenggaraan pendidikan di Unimal dengan menunjukkan realitas pembangunan gender; (2) mengeksplorasi dinamika relasi gender di kalangan civitas akademika Unimal; (3) mengeksplorasi strategi kesetaraan gender dalam penyelenggaraan pendidikan oleh Unimal. Studi ini dilakukan dengan cara pengumpulan data lapangan dan data dokumen. Studi lapangan menggunakan teknik wawancara, observasi, serta Focus Group Discussion. Studi dokumen dilakukan melalui pencarian data-data berupa Statuta, Kebijakan Universitas, maupun berbagai data terpilah lainnya yang dapat diakses dengan fokus pada 6 (enam) tahun terakhir. Pelaksanaan penelitian ini sendiri akan diselenggarakan dalam jangka waktu 24 (dua puluh empat) bulan dengan melalui tujuh tahapan kegiatan utama. Pada masa pelaporan kemajuan di tahun pertama dari 2 (dua) tahun kegiatan yang direncanakan, studi ini belum dapat secara komprehensif memberikan gambaran yang utuh atas cermin kesetaraan gender di Unimal. Hasil dari studi ini menemukan bahwa (1) Rumusan kebijakan pendidikan di Unimal bersifat netral gender dan tidak diarahkan untuk mengatasi kesenjangan gender yang ada maupun yang mungkin muncul; (2) dinamika antar civitas akademika dinilai dinamis, namun demikian terdapat beberapa isu kesenjangan gender yang muncul di Unimal yaitu (a) keterwakilan dalam menduduki jabatan struktural bagi perempuan; (b) partisipasi perempuan dalam mengikuti berbagai kegiatan peningkatan kualitas â sejenis training dan workshop; (3) Belum adanya strategi-strategi khusus yang ditetapkan oleh Pimpinan Unimal dalam pengarusutamaan gender dalam pendidikan di Unimal, hal ini dapat dilihat pada rumusan statuta, rencana strategis maupun program-program serta kegiatan yang memberikan identifikasi terhadap pemenuhan kesetaraan gender.
Copyrights © 2014