PASAI
Vol 7, No 1 (2013)

Analisis Daya Tarik Konsumen Dalam Pemasaran: Studi Kasus Kedai Kopi Kota Lhokseumawe

Dharma, Yulius (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2013

Abstract

Merek sebagai elemen yang penting dalam sebuah usaha harus dapat membentuk citra yang baik di benak konsumen. Pembentukan citra yang baik di benak konsumen dapat menjadi kekuatan bagi pelaku bisnis kedai kopi dalam persaingan menjaring calon konsumen potensial dan mempertahankan pelanggan yang ada. Oleh sebab itu, pelaku bisnis kedai kopi harus mampu menciptakan citra merek yang positif agar konsumen tidak beralih ke kedai kopi yang lain. Minat beli adalah tahap kecenderungan responden untuk bertindak sebelum keputusan membeli benar-benar dilaksanakan. Terdapat perbedaan antara pembelian aktual dan minat pembelian. Bila pembelian aktual adalah pembelian yang benar-benar dilakukan oleh konsumen, maka minat pembelian adalah niat untuk melakukan pembelian pada kesempatan mendatang. Kunjungan konsumen dimulai dengan adanya persepsi atas perbedaan di antara keadaan yang diinginkan dengan kondisi aktual. Hal ini disebut dengan pengenalan kebutuhan. Untuk mempelajari proses pengenalan kebutuhan konsumen, diperlukan adanya informasi yang cukup tentang motivasi dan manfaat yang dicari konsumen dalam mengunjungi kedai kopi. Tempat untuk minum kopi merupakan motivasi sebagian besar konsumen dalam mengunjungi kedai kopi. Berdasarkan pengamatan di lapangan, terdapat banyak warung kopi kecil-kecilan selain kedai kopi yang menjual berbagai jenis minuman dan mempunyai fasilitas internet gratis. Sehingga wajar bagi konsumen untuk datang ke kedai kopi sebagai tempat untuk minum. Motivasi kunjungan terbesar kedua yaitu sekedar ingin mencoba atau bermain internet.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

PASAI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Pasai diterbitkan dengan tujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian ilmu sosial, hukum dan ekonomi. Publikasi ini adalah hasil Penelitian dan bukan hasil ringkasan dari buku maupun literatur-literatur yang berasal dari publikasi ...