Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya jurusan Teknik Mesin, merupakan sekolah menengah yang dalam proses pembelajarannya sering menggunakan alat atau mesin yang menimbulkan kebisingan dan akan berdampak pada timbulnya gangguan pendengaran khususnya pada siswa tersebut, ditambah lagi dengan ketidakpedulian tentang penggunaan alat pelindung diri (APD). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kebisingan pada sumber bising di laboratorium SMK Jurusan Teknik Mesin dan untuk mengevaluasi kegiatan pengendalian kebisingan dan penaatan peraturan penggunaan Alat Pelindung Diri di lingkungan laboratorium. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian survey dengan desain cross sectional. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling secara consecutive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan pengukuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebisingan yang ditimbulkan oleh mesin pada laboratorium teknik mesin adalah 103,4 dB, dengan lama paparan diatas 60 menit. Sebanyak 64,5% responden melakukan tindakan untuk mengurangi kebisingan dengan menggunakan alat pelindung diri pada telinga (61,2%), menutup telinga dengan tangan (32,8%) dan menyumbat liang telinga dengan kapas atau tissue (6%). Responden yang merasa terganggu dengan kebisingan deru mesin di laboratorium sebanyak 72,1%, dimana 67,8% mengalami penurunan pendengaran. Keluhan lain yang timbul berupa sulit berkosentrasi (46,4%), gangguan komunikasi (42,6%), sulit tidur (26,8%), mudah marah (24%), mudah capek (12%) dan mual-mual (6%). Disarankan kepada pihak terkait agar menerapkan peraturan atau kebijakan seperti Keputusan Menteri Pendidikan Nasional yang mewajibkan siswa SMK jurusan tehnik memakai APD ketika melakukan praktek, menyediakan APD berupa earplug dan earmuff serta melakukan pemeriksaan audiometri secara berkala pada siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014