JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN
Vol 8, No 2 (2021): Desember - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan

PEMANFAATAN MATLAB SIMULINK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM SECARA DARING

Muhammad Isnaini (Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan)
Mega Silfia Dewy (Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan software Matlab Simulink sebagai alternatif media pembelajaran praktikum secara daring pada matakuliah Praktek Mesin Listrik di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Subjek penelitian terdiri dari seluruh mahasiswa angkatan 2019 yang mengambil matakuliah Praktek Mesin Listrik di kelas C dan D yang berjumlah 25 orang. Pengumpulan data ditempuh mulai dari observasi, wawancara, dan analisis dokumen yang berkaitan dengan permasalahan tersebut.. Teknik validasi pada penelitian ini menggunakan validasi triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan software Matlab Simulink dalam proses pembelajaran pada matakuliah Praktek Mesin Listrik cukup efektif membantu dosen dan mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Lebih lanjut, sebagian besar para mahasiswa memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan.  Kata Kunci : Matlab Simulink, media pembelajaran praktikum daring  Abstract: This research aims to describe the use of Matlab Simulink software as an alternative to online practicum learning media in the subjects of Electrical Machine Practice in the Electrical Engineering Education Study Program of the Faculty of Engineering, Medan State University. The study subjects consisted of all students of the class of 2019 who took electrical machine practice courses in grades C and D which amounted to 25 people. Data collection is taken starting from observation, interview, and analysis of documents related to the problem. The validation technique in this study uses the validation of triangulation techniques. The results showed that the use of Matlab Simulink software in the learning process in the electrical machine practice course is quite effective in helping lecturers and students in achieving learning goals. Furthermore, most of the students gave a positive response to the learning process carried out.  Keywords: Matlab Simulink, online practicum learning media

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

teknologi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Medan Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil ...