UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sebagai motor penggerak roda perekonomian di kalangan masyarakat. UMKM mampu mengurangi tingkat pengangguran. Keberhasilan UMKM dapat dilihat dari tingkat kepuasan konsumen terhadap barang yang telah dikonsumsi. Kepuasan konsumen menjadi tujuan utama dari pelaku UMKM. Konsumen yang merasa puas saat menggunakan produk atau jasa berkaitan dengan keberlangsungan suatu usaha. Untuk mengidentifikasi faktor apa saya yang memiliki hubungan dengan kepuasan konsumen. Variabel bebas yang hendak digunakan yaitu Kualitas produk yang dihasilkan, kualitas pelayanan yang dilakukan dan harga yang sudah ditetapkan. Sebanyak 48 orang survei secara langsung untuk mendapatkan data yang digunakan untuk analisis di dalam penelitian. Data diperoleh akan melalui tahapan pertama yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Dalam penelitian ini setelah kuesioner dinyatakan valid dan reliabel sebanyak 66 pernyataan. Tahapan selanjutnya penggunaan teknik analisis regresi linier berganda. Penggunaan regresi linier berganda telah memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan berupa lolos pada uji prasyarat analisis berupa uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi. Setelah melakukan olah data menggunakan bantuan software SPSS diperoleh yaitu tidak ada kontribusi yang diberikan kualitas produk pada saat pengukuran kepuasan konsumen yang telah menggunakan produk barang. Masing-masing variabel kualitas pelayanan, harga mampu memberikan pengaruh pada kepuasan konsumen. Adapun secara simultan keseluruhan variabel independen dapat memberikan pengaruh maupun kontribusi dengan kepuasan konsumen setelah menggunakan suatu produk.
Copyrights © 2022