PREDIKSI (Profesi Pendidikan Indonesia)
Vol 1, No 1 (2021): PREDIKSI (Profesi Pendidikan Indonesia)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 7 DAN 8 MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING

Jumyati Jumyati (SD Negeri Kuranji Jalan 45 Kuranji Kecamatan Taktakan Kota Serang Provinsi Banten, Indonesia)
Encep Andriana (FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ratna Sari Dewi (FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
29 May 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar yang rendah dalam pembelajaran tema 7 dan 8 pada murid kelas IV SD Negeri Kuranji yang berdomisili di Jl. 45 Kuranji Kel. Kuranji Kec. Taktakan Kota Serang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk meningkatkan hasil belajar pada tema 7 dan 8 dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SD Negeri Kuranji. Metode yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahap ditiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari siklus I, siklus II dan siklus III. Jadi kesimpulannya, terdapat peningkatan aktivitas belajar serta hasil belajar dengan menggunakan model Discovery Learning dalam pembelajaran tema 7 dan 8 pada siswa kelas IV SDN Kuranji yang signifikan. Peneliti merekomendasikan hasil penelitian ini kepada guru dalam upaya menciptakan pembelajaran yang menarik, efektif dan menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

prediksi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Prediksi (Profesi Pendidikan Indonesia) merupakan jurnal sarana untuk mengkomunikasikan berbagai hasil kegiatan penelitian dan kajian ilmiah yang dilaksanakan secara individu maupun berkelompok oleh dosen, guru, mahasiswa, lembaga pemerhati pendidikan, lembaga negara, dan sejenisnya. Berbagai hasil ...