Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan
Vol 1 No 2 (2022): Mei : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan

PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP MINAT BELI PRODUK FASHION DI MARKETPLACE SHOPEE

Siti Khoirun Nisa Renny Dwijayanti (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

Shopee menjadi salah satu marketplace pilihan masyarakat Indonesia dalam berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan esensial sehari-hari, salah-satunya yakni pemenuhan kebutuhan sandang. Fenomena ini menimbulkan terciptanya banyak pelaku bisnis memanfaatkan marketplace Shopee untuk menjual produk fashion dengan memberikan kelebihan dari produk yang ditawarkan. Riset ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh OCR & rating terhadap purchase intention barang fashion di marketplace Shopee. Jenis penelitian berupa penelitian kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling, dan mendapatkan sampel berjumlah 96 responden. Populasi penelitian yang diambil yakni Mahasiswa Fakultas Ekonomika & Bisnis Universitas Negeri Surabaya. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian didapatkan variabel OCR & rating berpengaruh terhadap variabel purchase intention baik secara parsial maupun simultan. Koefisien determinasi menunjukkan 2 variabel independen memberikan sumbangan sebesar 69,1 % serta sisanya 30,9 % dipengaruhi variabel lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jempper

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JEMPPER : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan (p-ISSN : 2809-5901 (print), e-ISSN : 2809-6037 (online) adalah merupakan merupakan journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam studi Ilmu Ekonomi Manajemen yaitu manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen ...