Jurnal Social Library
Vol 1, No 3 (2021): JURNAL SOCIAL LIBRARY NOVEMBER

Studi Deskriptif Kesiapan Anak Memasuki Sekolah Dasar (SD) Melalui Tes NST dan Tes IQ Pada TK Pembina Kisaran Kabupaten Asahan

Syahrizal, Syahrizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara kasar kesiapan anak memasuki sekolah dasar berdasarkan hasil tes NST yang dilakukan di TK Kisaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jumlah 14 anak yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST) untuk mengetahui kematangan dalam mendukung kesiapan anak untuk masuk sekolah dasar. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan Teknik Statistik Sederhana. Hasil analisis data menggunakan NST, 21,42% menunjukkan tingkat kesiapan tertinggi, 57,14% berada pada kategori Siap Sekolah (Skala NST), dan 21,42% berada pada status siap sekolah (Skala NST). masih ragu Siap berangkat ke sekolah. Hasil analisis data penelitian menggunakan tes CPM, kemampuan intelektual 14 siswa berada di atas 28,57%, di atas 28,57%, dan di atas 35,71. kategori. Rata-rata (average) dan 7,14% masuk dalam subkategori (rendah).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SL

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Social Library is to provide scientific article of social and humanities studies that developed in attendance through the article publications, research reports, and book reviews. The focus and scope of the journals: Phylosophy, Psychology, Health, Law, Politics, Economics, Communication, ...