Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika
Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika

Pengaruh model pembelajaran blended learning berbantuan google classroom terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari self esteem dan kecerdasan intelektual

Miftah Nur Solikh (Prodi Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Pascasarjana, Universitas Ahmad Dahlan)
Dwi Sulisworo (Prodi Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Pascasarjana, Universitas Ahmad Dahlan)
Guntur Maruto (Prodi Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Pascasarjana, Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2018

Abstract

terhadap hasil kemampuan berpikir kritis ditinjau dari self esteem dan kecerdasan intelektual. Serta mendeskripsikan sumbangan variabel self esteem dan kecerdasan intelektual terhadap hasil kemampuan berpikir kritis. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMA Negeri 1 Srandakan. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan tes. Kuisioner digunakan untuk mengetahui gaya belajar dan self esteem. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Sedangkan data kecerdasan intelektual diperoleh dari data sekolah. Sebelum instrumen digunakan terlebih dahulu dilakukan uji validitas oleh ahli dan uji coba ke peserta didik. Setelah data diperoleh dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan SPSS 23. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian (ANAKOVA) perhitungan menggunakan Microsoft excel dan SPSS 23. Diperoleh nilai Fhitung sebesar 0,2295 sedangkan Ftabel untuk taraf signifikan 0,05 adalah 3,24. Karena Fhitung kurang dari Ftabel sehingga tidak ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil kemampuan berpikir kritis ditinjau dari self esteem dan kecerdasan intelektual. Terdapat sumbangan kedua variabel kovariat dengan nilai R2y(1,2) sebesar 0,22 untuk kecerdasan intelektual memberikan sumbangan efektif sebesar 0,2% dan self esteem memberikan sumbangan efektif sebesar 0,01%.Kata kunci : blended learning, google classroom, gaya belajar, self esteem, kemampuan berpikir kritis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of the articles published in Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF) deal with a broad range of topics in the fields of physics learning education, learning technologies, assesment of physics education and another section related method of learning in physics education. Physics ...