Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika
Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika

Pemanfaatan “Palu Batik” dalam Pembelajaran Fisika Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa SMA Melalui Model Discovery Learning

Salpan Salpan (SMA Negeri 3 Cilacap)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar dan motivasi Siswa terhadap  pelajaran  fisika  materi  gerak  dan  gaya melalui  model  discovery learning  dengan menggunakan media “Palu Batik”. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA-2 semester 1 SMA Negeri 3 Cilacap Tahun Pelajaran 2017/2018. Tindakan dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus dua pertemuan. Pada siklus I siswa terbagi dalam empat kelompok masing-masing terdiri delapan Siswa, siklus II terbagi dalam enam kelompok terdiri lima sampai dengan enam siswa dengan metode ceramah, eksperimen dan diskusi. Instrumen pengumpulam data prestasi berupa soal ulangan harian yang diberikan setiap akhir pertemuan, sedangkan instumen data motivasi berupa lembar observasi dan lembar penilaian teman sejawat. Data prestasi setiap siklus merupakan nilai rata-rata dari dua ulangan harian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi siswa pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 84,38% dengan nilai rata-rata 79,08, motivasi siswa pada kategori tinggi 62,5% dan kategori rendah 37,5%. Prestasi pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal hanya 71,88% dengan nilai rata-rata 71,91, motivasi siswa pada kategori tinggi 90,63% dan kategori rendah 9,39%.  Kata kunci:  Palu Batik, Prestasi Belajar, Motivasi Siswa, Discovery Learning

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of the articles published in Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF) deal with a broad range of topics in the fields of physics learning education, learning technologies, assesment of physics education and another section related method of learning in physics education. Physics ...