Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar dan motivasi Siswa terhadap pelajaran fisika materi gerak dan gaya melalui model discovery learning dengan menggunakan media “Palu Batik”. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA-2 semester 1 SMA Negeri 3 Cilacap Tahun Pelajaran 2017/2018. Tindakan dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus dua pertemuan. Pada siklus I siswa terbagi dalam empat kelompok masing-masing terdiri delapan Siswa, siklus II terbagi dalam enam kelompok terdiri lima sampai dengan enam siswa dengan metode ceramah, eksperimen dan diskusi. Instrumen pengumpulam data prestasi berupa soal ulangan harian yang diberikan setiap akhir pertemuan, sedangkan instumen data motivasi berupa lembar observasi dan lembar penilaian teman sejawat. Data prestasi setiap siklus merupakan nilai rata-rata dari dua ulangan harian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi siswa pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 84,38% dengan nilai rata-rata 79,08, motivasi siswa pada kategori tinggi 62,5% dan kategori rendah 37,5%. Prestasi pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal hanya 71,88% dengan nilai rata-rata 71,91, motivasi siswa pada kategori tinggi 90,63% dan kategori rendah 9,39%. Kata kunci: Palu Batik, Prestasi Belajar, Motivasi Siswa, Discovery Learning
Copyrights © 2018