Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2021): Desember 2021

Optimalisasi Peran UMKM dan Pokdarwis pada Wisata Sumber Banteng dengan Media Digital Marketing dan Marketplace

Diana Ambarwati (Universitas Islam Kadiri)
Edi Murdiyanto (Universitas Islam Kadiri)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Kegiatan pengabdian ini melibatkan 13 orang UMKM dan 15 orang yang tergabung dalam Pokdarwis Kelurahan Tempurejo Kecamatan Pesantren Kota Kediri dan dilakukan selama satu bulan pada bulan Agustus 2021 dengan membantu mengelola penjualan produk dengan berjualan di marketplace dan menyusun strategi yang tepat untuk mengenalkan wisata yang ada dengan menggunakan media youtube dan whatsaap grup. Respon UMKM pada kegiatan sosialisasi dan pelatihan pemasaran online gratis melalui platform marketplace sangat baik, ditandai dengan ketertarikan 2 (dua) orang untuk menjalankan program yang tersebut. Tim pengabdian membantu mendampingi pembuatan akun marketplace toko online Shopee dan Blibli. Diharapkan akun toko online tersebut dapat digunakan dengan maksimal dan membantu UMKM dalam berjualan di masa pandemi ini. Respon masyarakat di sekitar Wisata Alam Sumber Banteng pada pelatihan digital marketing dalam pengelolaan pariwisata juga sangat baik, ditandai dengan antusiasme masyarakat menonton pelatihan online melalui youtube. Tim pengabdian juga telah membantu pembuatan akun instagram dan tiktok Pesona Tempurejo. Diharapkan masyarakat umum tertarik untuk mengakses akun yang telah dibuat dan masyarakat mengetahui berbagai hal yang disuguhkan dari wisata alam ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

arc

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Public Health

Description

Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal berbasis penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada bidang keilmuan yaitu Pendidikan, Sosial, Teknik, Sains dan ...