Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bidang bimbingan social melalui layanan Konseling kelompok pada kelas VII.1 SMPN 49 Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2019/2020 dengan lokasi penelitian SMPN 49 Makassar, dimana subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII.1 yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini, dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pemberian tes dan angket pada setiap akhir siklus dan observasi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hasil yang diperoleh bahwa setelah dilaksanakan dua kali tes, rata-rata hasil belajar pada Siklus I adalah 69,71 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 65,71% yaitu 23 orang dari 35 Peserta didik termasuk dalam kategori tuntas dan 34,29% atau 12 orang dari 35 Peserta didik termasuk dalam kategori tidak tuntas dan pada Siklus II terjadi peningkatan yaitu 79,14 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 82,86% atau 29 orang dari 35 peserta didik termasuk dalam kategori tuntas dan 17,14% atau 6 orang dari 35 peserta didik termasuk dalam kategori tidak tuntas. Ini berarti terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar sebanyak 9,43% dari Siklus I ke Siklus II. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa: Layanan Konsdeling kelompok dapat Meningkatkan Prestasi belajar peserta didik kelas VII.1 SMPN 49 Makassar, Siklus I rata –rata sebesar 69,71 dan siklus II rata sebesar 79,14 berarti terjadi peningkatana rata-rata hasil belajar sebesar 9,43 sesudah layanan konseling kelompok diberikan pada siklus I dan siklus II
Copyrights © 2020