Tujuan penulisan ini untuk memperoleh eksplanasi faktual baik secara umum maupun secara spesifik tentang masalah-masalah sebagai berikut pertama untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar Hifdzil Qur’an,keduauntuk mengetahui motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Hifdzil Qur’an, ketiga untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Hifdzil Qur’an di MAS 01 Pesantren Darussalam Kepahiang. Rumusam masalahnya Apakah terdapat Pengaruh Kompetensi Peda- gogik Guru Terhadap Hasil Belajar Hifdzil Qur’an di MAS.01 Pesantren Darussalam Kepahiang, Apakah terdapat pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Hifdzil Qur’an di MAS.01 Pesantren Darussalam Kepa- hiang, Apakah terdapat pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Hifdzil Qur’an di MAS.01 Pesant- ren Darussalam Kepahiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu kompetensi pedagogik guru, motivasi belajar siswa, dan hasil belajar Hifdzil Qur’an. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, survey dengan alat kuesioner, dan dukumentasi.Berdasarkan hasil uji t X1 terhadap Y, hipotesis diterima(4,974 ≥ 2,042)artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kompetensi Pedagogik GuruTerhadap Hasil Belajar Hifdzil Qur’an sedangkan X2 terhadap Yhipotesisnya diterima (14,828 ≥ 2,000) artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Hifdzil Qur’an. Dan berdasarkan hasil uji F dalam mencari jawaban hipotesis secara bersamaan maka diperoleh nilai determinasi 0,576, berarti variabel Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa secara bersamaan memberikan pengaruh sebesar 57,6% terhadap variabel hasil belajar hifdzil Qur’an dan menunjukkan bahwa hipotesis diterima (4,335≥ 1,980). Jadi ketiga aspek variabel tersebut saling keterkaitan, tidak dapat terpi- sahkan karena saling mempengaruhi, saling menimbulkan sebab akibat, apabila Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa semakin tinggi maka Hasil Belajar Hifdzil Qur’an akan semakin meningkat.
Copyrights © 2020