EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Volume 1 Nomor 3 April 2022

Penerapan Model PJBL Berbasis Bahan Bekas Dalam Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Anak Kelompok B

Beti Nurasih (TK Negeri Pembina Arut Selatan)
Syamsuardi Syamsuardi (Universitas Negeri Makassar)
Andi St.Emeralda Ria (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Abstract. This study aims to determine whether the application of the Project Based Learning model using used materials can increase children's creativity to create original work for group B students at the South Arut Pembina State Kindergarten, West Kotawaringin. The type of this research is classroom action research with the research subjects being group B students of TK Negeri Pembina South Arut in the odd semester of 2021/2022, totaling 10 children, which were taken based on purposive sampling. Based on the Classroom Action Research which consisted of pre-cycle, Cycle I and Cycle II, the percentages of class success were 40%, 50% and 80% respectively. This means that the application of the PJBL model using used materials can increase the percentage of successful achievement of children in group B of the Pembina State KindergartenAbstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Project Based Learning menggunakan bahan bekas dapat meningkatkan kreatifitas anak  untuk menciptakan karya orisinil siswa kelompok B TK Negeri Pembina Arut Selatan Kotawaringin Barat. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelompok B TK Negeri Pembina Arut Selatan pada semester ganjil tahun 2021/2022 yang berjumlah 10 anak, yang diambil berdasarkan purposive sampling.  Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas pra siklus, Siklus I dan Siklus II, diperoleh presentase pencapaian keberhasilan kelas berturut 40%, 50% dan 80 %. Artinya penerapan model PJBL menggunakan bahan bekas dapat meningkatkan presentase pencapaian keberhasilan anak kelompok B TK Negeri Pembina

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EDUSTUDENT

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope Jurnal adalah 1. Administrasi Pendidikan 2. Bimbingan dan Konseling 3. Pendidikan Luar Biasa 4. Pendidikan Luar Sekolah 5. Teknologi Pendidikan 6. Pendidikan Guru Sekolah ...