TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora
Vol 2, No 2 (2021): Pengembangan Pendidikan dan Ekonomi Pesantren di Masa Pandemi COVID-19

Implementasi Pembelajaran Akhlak Berbasis Multikultural pada Masa Pandemi di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Abdullah, Abdullah (Unknown)
Yusrolana, Yusrolana (Unknown)
Laily, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Artikel ini berusaha menganalisis implementasi pembelajaran akhlak berbasis multikultural pada masa Pandemi Covid-19 di MTs Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Untuk mengungkap data dan informasi mengenai implementasi pembelajaran akhlak berbasis multikultural itu, penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif. Melalui paradigma ini, ditemukan implementasi pembelajaran akhlak di MTs Nurul Jadid ialah melalui perbuatan dan uswatun hasanah. Artinya, seorang guru tidak hanya memberikan materi dalam mengajar tapi juga contoh dan teladan yang baik. Selain itu, seorang guru juga melatih siswa dengan cara memberikan tantangan pada peserta didiknya yang berupa praktik terkait materi akhlak. Adapun tantangan yang dimaksud ialah misalnya pada Bab Ghibah, maka peserta didik diminta untuk tidak ghibah selama satu minggu. Meskipun masih banyak yang tidak bisa menahan diri untuk ghibah setidaknya para peserta didik ada dorongan untuk tidak/mengurangi ghibah dalam waktu satu minggu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

trilogi

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Engineering Public Health Other

Description

The focus of TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora is a peer-reviewed journal, open-access journal is to provide readers the original articles on various issues within technology, health, and social humanities. The scope of TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora ...