TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora
Vol 2, No 1 (2021): Sains dan Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi

Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains

Susanti, Salamah Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Otak merupakan pusat kecerdasan manusia yang mengendalikan sistem syaraf dalam menangkap suatu pembelajaran. Pendidikan anak usia dini melalui pendekatan neurosains dapat dilaksanakan melalui macam metode, diantaranya dengan cara guru memberikan pendidikan dahulu dan harus memahami kinerja otak manusia. Selain itu juga memperhatikan kerja alamiah otak peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pentingnya memahami pendekatan neurosains bagi anak usia dini dalam proses pembelajaran. Metode penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan intertektualitas dengan menekankan metode meaning of creatifity dan jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dalam bentuk kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian iniyaitu sebagai berikut: 1) seorang guru PAUD perlu menerapkan pendekatan neurosains dalam pembelajaran untuk membantu guru dalam mencapai kompetensi bagi anak didiknya khususnya bagi anak usia dini; 2) strategi seoang guru PAUD menerapkan pendekatan neurosains dengan memahami tahapan-tahapan perkembangan pusat kecerdasan seperti halnya  seorang guru tidak hanya memberikan pengalaman saja, akan tetapi yang lebih utama difasilitasi dan distimulan untuk mengoptimalkan perkembangan kapasitas kecerdasan bagi anak didiknya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

trilogi

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Engineering Public Health Other

Description

The focus of TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora is a peer-reviewed journal, open-access journal is to provide readers the original articles on various issues within technology, health, and social humanities. The scope of TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora ...