Jurnal Biology Education
Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Biologi Education

PERAN LINTAS SEKTOR DALAM PENGAWASAN PEMBERIAN TABLET TAMBAH DARAH FE BAGI REMAJA PUTRI DI KECAMATAN SIMPANG JAYA KABUPATEN NAGAN RAYA

Muni Rinda Yanti (Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKM UTU, Meulaboh, Indonesia)
Sufyan Anwar (Dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKM UTU, Meulaboh, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Pemberian Tablet Tambah Darah remaja putri di Kecamatan Simpang Jaya, Kabupaten Nagan Raya dapat dikatakan tidak berjalan dengan efektif. Dari hasil wawancara kepada beberapa remaja putri, dapat diketahui bahwa 8 dari 10 remaja putri tidak mengkonsumsi tablet tambah darah yang diberikan karena takut akan terjadi kelainan pada tubuh mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui input, proses dan output pelaksanaan program pemberian tablet tambah darah pada remaja putri di Kecamatan Simpang Jaya, Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Simpang Jaya Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh yang dilaksanakan pada tanggal 7 Desember sampai dengan 14 Desember tahun 2021. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive samping. Adapun sampel dalam penelitian ini terdiri dari: Koordinator Ahli Gizi Kabupaten Nagan Raya, Ahli Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya, Guru salah satu sekolah di Simpang Jaya, remaja putri yang diberikan Tablet Tambah Darah dari Puskesmas Simpang Jaya. Variabel penelitian ini adalah input (SDM, alokasi dana, sarana dan prasarana), proses (persiapan, pendistribusian, pemantauan, pencatatan dan pelaporan) dan output (cakupan kegiatan, ketetapan sasaran, waktu dan distribusi). Hasil penelitian ini adalah input yang meliputi sumber daya manusia, alokasi dana, serta sarana dan prasarana yang belum sesuai dengan pedoman pelaksanaan program. Proses yang meliputi persiapan sudah sesuai dengan pedoman. Sedangkan output yang meliputi cakupan kegiatan belum sesuai dengan ketentuan karena terdapat remaja putri yang belum menerima TTD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-biologi

Publisher

Subject

Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan ...