Journal of Trends Economics and Accounting Research
Vol 2 No 3 (2022): March 2022

Pengaruh Citra Diri, Kepribadian Merek, dan Kelompok Acuan terhadap Kualitas Hubungan Merek

Ella Anastasya Sinambela (Universitas Sunan Giri Surabaya)
Cici Cici (Universitas Sunan Giri Surabaya)
Didit Darmawan (Universitas Sunan Giri Surabaya)
Rahayu Mardikaningsih (Universitas Sunan Giri Surabaya)
Abdul Rahman (Universiti Tun Hussein Onn Malaysia)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2022

Abstract

Saat ini konsumen tidak hanya ditawarkan produk yang beragam namun juga merek yang beragam. Konsumen dihadapkan pada pilihan dari berbagai jenis merek yang memiliki kelebihan tersendiri. Manajemen pemasaran mengharapkan adanya hubungan berkelanjutan antara konsumen dan merek. Peningkatan kualitas hubungan merek itu perlu ditingkatkan dan dikembangkan terus. Tujuan penelitian untuk mengetahui pembentukan kualitas hubungan merek melalui citra diri, kepribadian merek, dan kelompok acuan. Penelitian kuantitatif ini dengan populasi adalah konsumen Milo yang ada di Kota Johor Bahru Malaysia. Peneliti menggunakan 100 responden sebagai sampel penelitian dan dianalisis menggunakan teknik regresi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peran nyata citra diri terhadap pembentukan kualitas hubungan merek. Selanjutnya kepribadian merek memiliki peran nyata pada kualitas hubungan merek. Kualitas hubungan merek juga dipengaruhi signifikan oleh kelompok acuan. Ketiga variabel secara simultan berperan nyata membentu kualitas hubungan merek.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtear

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Trends Economics & Accounting Research memuat artikel pada bidang Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen. Namun tidak tertutup untuk menerima artikel pada bidang sejenis, seperti: 1. Auditing, 2. Financial Management, 3. Marketing Management, 4. Strategic Management, 5. Organizational Behavior, ...