Chemistry Education Review
Volume 2 Nomor 1 September 2018

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 8 MANDAI (Studi Materi Pokok Larutan Penyangga)

., Faisal (Unknown)
Gani, Tabrani (Unknown)
Danial, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Mandai materi pokok larutan penyangga. Desain penelitian Pretest treatment Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Mandai tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 4 kelas. Penentuan sampel dilakukan secara random kelas dan terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas yang dibelajarkan model pembelajaran discovery learning dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan uji independent sample T-Test. Hasil analisis deskriptif diperoleh data rata-rata nilai N-gain keterampilan berpikir kritis pada kelompok model pembelajaran discovery learning sebesar 0,67 dengan kategori sedang dan kelompok model pembelajaran langsung sebesar 0.55 dengan kategori sedang. Nilai N-gain hasil belajar pada kelompok model pembelajaran discovery learning sebesar 0,76 dengan kategori tinggi dan kelompok model pembelajaran langsung sebesar 0.66 dengan kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Mandai pada materi pokok larutan penyangga. Kata kunci: Model pembelajaran, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar, dan larutan penyangga.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

CER

Publisher

Subject

Chemistry

Description

Chemistry Education Review mempublikasikan artikel hasil penelitian bidang studi pendidikan kimia, yang berhubungan dengan belajar dan pembelajaran kimia, teori dan praktik pendidikan kimia, pengembangan perangkat dan materi pembelajaran kimia, pendidikan guru kimia, dan kegiatan lainnya yang ...