Chemistry Education Review
Volume 1 Nomor 2 Maret 2018

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI POE PADA MATERI POKOK ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Sri Agustiani Basir (Universitas Negeri Makassar)
Muharram . (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Danial (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran proses pengembangan dan memperoleh kemasan perangkat pembelajaran dengan menggunakan strategi POE yang valid, praktis dan efektif pada materi pokok asam basa untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Produk pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan strategi POE pada materi pokok asam basa yang diujicobakan di SMA Negeri 1 Bulukumba berpedoman pada langkah-langkah pokok pengembangan pembelajaran model 4-D yang terbagi dalam empat tahapan yaitu: pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku peserta didik (BPD), lembar kegiatan peserta didik (LKPD), dan tes hasil belajar (THB). Data kevalidan diperoleh berdasarkan penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran dan hasil kevalidan berada pada kategori “valid”. Data keefektifan yang diperoleh berdasarkan hasil belajar peserta didik yang memiliki rata-rata 80,00 dari skor ideal 100 dengan peserta tuntas belajar 30 orang atau sebesar 85,00 %, dan data respon peserta didik yang memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan. Serta data kepraktisan diperoleh berdasarkan keterlaksanaan seluruh pembelajaran. Data menunjukkan bahwa memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis. Kata kunci: Kata kunci: Strategi POE, model 4-D, hasil belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

CER

Publisher

Subject

Chemistry

Description

Chemistry Education Review mempublikasikan artikel hasil penelitian bidang studi pendidikan kimia, yang berhubungan dengan belajar dan pembelajaran kimia, teori dan praktik pendidikan kimia, pengembangan perangkat dan materi pembelajaran kimia, pendidikan guru kimia, dan kegiatan lainnya yang ...