Abtrak :Latar Belakang:  Kesehatan merupakan bagian yang penting dalam kehidupan manusia. Rumah sakit merupakan salah satu sistem pemberian pelayanan kesehatan. Dalam pelayanan keperawatan, perawat diharapka dapat memberikan pelayanan secara berkualitas, oleh karena itu kualitas pelayanan kesehatan sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan keperawatan untuk mencapai kepuasan pasien yang maksimal saat pasien datang maupun saat persiapan pasien pulang.Tujuan: Mengetahui apakah ada hubungan antara pengetahuan perawat tentang discharge planning dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin.Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian survei analitik, dengan cross-sectional adalah penelitian yang dilakukan dengan pengukuran dalam satu waktu. Sampel yang digunakan sebanyak 34 orang perawat dan 32 pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin. Analisis data menggunakan uji spearman rank dengan tingkat kepercayaan 95%.Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan tingkat pengetahuan perawat dalam kategori baik dengan hasil sebanyak 88,7%, Sedangkan kepuasan pasien dalam kategori puas yaitu sebanyak 43,8%.Simpulan: Tingkat pengetahuan perawat dalam pemberian pelayanan kepada pasien akan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien yang dirawat, baik itu dalam tindakan keperawatan ataupun edukasi kepada pasien.Kata Kunci: Discharge Planning, Kepuasan Pasien, Pengetahuan. Abstract :Background: Health is an important part of human life. The hospital is one of the health service delivery systems. In nursing services, nurses are expected to provide quality services, therefore the quality of health services is very much determined by the quality of nursing services to achieve maximum patient satisfaction when the patient arrives and when the patient prepares to go home.Purpose: To determine whether there is a relationship between the knowledge of nurses about discharge planning with patient satisfaction at Sari Mulia Hospital, Banjarmasin.Methods: This type of research is analytic survey research, with cross-sectional research which is carried out by measuring in one time. The sample used was 34 nurses and 32 patients in the inpatient room of Sari Mulia Hospital, Banjarmasin. Data analysis used the Spearman Rank test with a confidence level of 95%.Results: The results of this study indicate the level of knowledge of nurses in the good category with a result of 88.7%, while patient satisfaction in the satisfied category is 43.8%.Conclusion: The level of knowledge of nurses in providing services to patients will greatly affect the satisfaction of patients who are treated, both in nursing actions or in educating patients.Keywords: Discharge Planning, Patient Satisfaction, Knowledge.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021