Latar Belakang: Keberhasilan proses pembelajaran ditandai dengan tercapainya capaian pembelajaran, yang dilihat dari tingginya nilai hasil evaluasi belajar. Hasil belajar yang tinggi dapat dicapai dengan ketekunan belajar yang terbentuk dari adanya motivasi belajar. Motivasi dalam belajar merupakan faktor yang penting karena merupakan faktor dari dalam yang mendorongmahasiswa untuk belajar. Motivasi dalam proses belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan sangat dibutuhkan karena Mata kuliah ini merupakan salah satu dari kompetensi bidan, sehingga diharapkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah ini adalah mampu untuk memberikan asuhan kebidanan pada ibu hamil.Tujuan: Menganalisis Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa TingkatII pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin.Metode: Penelitian ini mengunakan metode cross sectional, dengan pendekatan retrospektif.Populasi dalam penelitian ini adalah 105 orang dengan Sampel sebanyak 52 responden. Teknikanalisis data menggunakan Chi Square.Hasil: Hasil Chi Square antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar mahasiswa tingkat II pada mata kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan diperoleh nilai p=0,003. Dengan demikian p-Value hitung p-Value alpha (0,05).Simpulan: Ada hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa tingkat II pada mata kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan mahasiswa di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin.Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan
Copyrights © 2016