Latar Belakang : Metode pembelajaran klinik keperawatan merupakan suatu metode untuk menerapkan cara mendidik yang sesuai dengan tujuan dan karakteristik individu peserta didik berdasarkan kerangka konsep pembelajaran dalam ilmu keperawatan. Fenomena dalam penerapan metode pembelajaran klinik yang sering ditemui adalah mahasiswa sering kali tidak bisa mencapai target kompetensi sesuai yang ditargetkan dari standar pendidikan keperawatan  Tujuan: untuk menganalisis metode pembelajaran klinik meet the expert (MTE) dalam meningkatkaan pengetahuan mahasiswa tentang proses asuhan keperawatan.Metode: Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan pendekatan one group pretest post test design. Sampel sejumlah 15 mahasiswa semester 2 yang menjalani praktik klinik stase KDM.Hasil: Tingkat pengetahuan sebelum diberikan pembelajaran klinik MT mayoritas kurang sebanyak 15 responden (100%) dan setelah diberikan pembelajaran klinik MTE mayoritas cukup sebanyak 7 responden (46.7%).Simpulan: Pembelajaran klinik MTE efektif dalam meningkatkaan pengetahuan mahasiswa tentang proses asuhan keperawatan di RSUD Prembun dengan nilai Z : -3.315dan p value 0,001 (p 0,005) artinya signifikan.Kata Kunci: Metode pembelajaran klinik, Meet the expert, Pengetahuan, Asuhan Keperawatan Background: The nursing clinical learning method is a method for implementing a way of educating in accordance with the goals and characteristics of individual learners based on the conceptual framework of learning in nursing science. The phenomenon in the application of clinical learning methods that is often encountered is that students often cannot reach the target competency as targeted by nursing education standards.Objective: To analyze the meet the expert clinical learning method (MTE) in increasing student knowledge about the nursing care process.Method: This type of research is a Quasi Experimental with one group pretest post test design approach. A sample of 15 second semester students undergoing KDM stage clinical practice.Results: The majority of the knowledge level before being given MTE clinical learning was less than 15 respondents (100%) and after being given MTE clinical learning the majority was sufficient as many as 7 respondents (46.7%).Conclusion: MTE clinical learning is effective in increasing students' knowledge about the nursing care process at Prembun Hospital with a Z value: -3.315 and p value 0.001 (p 0.005) which means significant. Keywords: Clinical learning methods, Meet the experts, Knowledge, Nursing CareÂ
Copyrights © 2021