Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JAMMIAH)
Vol 2 No 1 (2022): JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah)

Penerapan Pelayanan Islami Pada Customer service Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Purwakarta Gandanegara

Julianti Sawitri Rahayu (Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Purwakarta Gandanegara)
Ahmad Saepudin (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta)
Vikri Ganjar Anugrah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Customer service salah satu garda terdepan untuk memastikan nasabah mendapatkan pelayanan yang terbaik, tidak sedikit nasabah yang tutup rekening gara-gara pelayanan customer service yang tidak memuaskan nasabah. Maka dari pelayanan customer service menjadi salah satu pendukung terhadap keberlangsungan hidup bank syariah, apalagi lembaga bank syariah harus mampu menciptakan layanan-layanan yang berbasis islami atau syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Pelayanan Islami pada Customer service di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Purwakarta Gandanegara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelayanan islami pada Customer service di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Purwakarta Gandanegara telah memenuhi prinsip-prindip pelayanan islami, seperti 1) Fathonah (profesional), customer service melayani nasabah menerapkan prinsip ramah, antusias, cepat memberikan solusi, empati, dan bertanggungjawab; 2) Amanah (Dapat dipercaya), Customer service melayani nasabah dengan duduk tegak, condong kedepan, tidak bersandar; menjaga sikap antusias, ramah sopan; selalu tersenyum; nada bicara harus di jaga; kesan yang ramah dan tenang; menepati janji dengan nasabah; 3) Siddiq (Jujur), Customer service menyampaikan informasi solusi, layanan, dan ketentuan dengan sebenar-benarnya; menyampaikan informasi benefit, fiture, dan persyaratan produk (call service dan brosur) dengan jujur; serta mencatat data nasabah dengan baik dan benar., 4) Tabligh (Dapat menyampaikan), Customer service memastikan bantuan yang diberikan customer service sudah cukup, memastikan nasabah memahami dan menerima solusi yang di berikan customer service, customer service menawarkan bantuan lain, dan customer service memastikan nasbah tidak keberatan untuk di interupsi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jammiah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ruang Lingkup materi Jammiah (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah) adalah artikel-artikle yang berhubungan dengan Ekonomi Syariah, Industri Halal, Manajemen Keuangan Perusahahan Syariah, Manajemen Sumber Daya Insani, Dan artikel-artikel lain yang berhubungan dengan Ekonomi ...