Banyak guru yang masih beranggapan bahwa menyusun RPPH tidaklah penting. Bagi mereka, yang terpenting adalah masuk di kelas dan siswa mendapat pelajaran. Pemikiran demikian ini perlu menjadi perhatian para Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Suatu hal yang tidak bisa ditawar, bahwa RPPH wajib disusun oleh guru sebelum guru masuk kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan pembelajaran harian (RPPH) berbasis Tri Kaya Parisudha pada kurikulum 2013 untuk pendidikan anak usia dini. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Subjek penelitiaan ini adalah Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan dalam penelitian dan dokumentasi. Pengolahan data penelitian menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dilakukan pada setiap batang tubuh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dengan mengutamakan nilai-nilai ajaran agama Hindu. Ajaran agama Hindu yang dimuatialah Tri Kaya Parisudha. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian berbasis Tri Kaya Parisudha tersusun atas beberapa bagian diantaranya bagian kepala atau kop RPPH, bagian keterangan atau leher RPPH, bagian isi atau tubuh RPPH dan bagian akhir atau kaki RPPH.
Copyrights © 2022