Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 6 No. 2 (2022): Juli

Media Pembelajaran E-Mading Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Tematik Subtema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

Purnianingrum, Gusti Ayu Nyoman Tisia (Unknown)
Manuaba, Ida Bagus Surya (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2022

Abstract

Minimnya ketersediaan media yang membahas materi tersebut menjadi kendala bagi guru dalam menyampaikan materi dan meningkatkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran e-mading berbasis Contextual Teaching and Learning pada subtema bagaimana tubuh mengolah makanan kelas V SD. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD, guru dan para ahli media. Penelitian ini menggunakan model ADDIE sebagai acuan dalam pelaksanaan penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil kelayakan media pembelajaran e-mading berbasis Contextual Teaching And Learning yaitu hasil review ahli isi materi pembelajaran memperoleh persentase (90%) berkualifikasi sangat baik, hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh persentase (92,5%) berkualifikasi sangat baik, review ahli media pembelajaran memperoleh persentase (92,5%) berkualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh persentase 92,5% berkualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 93,33% berkualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil review para ahli, hasil uji coba perorangan dan kelompok kecil, maka, media pembelajaran e-mading berbasis Contextual Teaching and Learning layak digunakan pada proses pembelajaran siswa kelas V. Implikasi adanya media e-mading, guru dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan lebih mudah dan meningkatkan semangat siswa dalam belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...