Pengabdian ini, adalah upayah dalam memotivasi mahasiswa dalam kegiatan  pra pembelajaran. Kegiatan ini adalah suatu kegiatan  mendorong  mahasiswa   menyiapkan diri terjun dalam pembelajaran. Kegiatan pembelajaran,  adalah bagian dari Tridarma  Perguruan Tinggi dan pengenalan mahasiswa akan dunia sekolah, dan sebagai praktek  guna mencocokan antara teori yang didapat dibangku kuliah, dengan  fenomena dan realitas sosial yang ada di masyarakat. Dalam bimbingan ini mahasiswa  terdiri dari  beragam latar program studi yakni latar pendidikan Bimbingan konseling, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan Bahasa Jerman dan Pendidikan Agama Islam. Sekolah sasaran  adalah SD Inpres Lekoboddong,  Kabupaten Maros. Dengan menggunakan pendekatan partisipatoris  hasil bimbingan menunjukan kesiapan dan  antusiasme mahasiswa dalam  melakukan kegiatan  prapembelajaran di sekolah sasaran dengan langkah-langkah sistematis :  penyiapan mental terjun ke sekolah, membuat rencana pembelajaran, meminta rekomendasi Dinas Pendidikan, dan persetujuan pihak sekolah.Abstract, This service is an effort to motivate students in pre-learning activities. This activity is an activity to encourage students to prepare themselves to engage in learning. This activity is part of the Tridarma of Higher Education and the introduction of students to the world of school, and as a practice to match the theory obtained in college, with phenomena and social realities that exist in society. In this guidance, students consist of the background of the study program, namely the educational background of Counseling Guidance, Elementary School Teacher Education, and German Language. The target school is SD Lekoboddong, Maros Regency. By using a participatory approach, the results of the guidance show students' readiness and enthusiasm in carrying out pre-learning activities at the target school with systematic steps: mental preparation for going to school, making lesson plans, asking for recommendations from the Education Office, and approval from the school
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022