Interaksi Online
Vol 10, No 3: Juli 2022

HUBUNGAN TINGKAT PEMROSESAN PESAN PROGRAM EDUKASI KONSUMEN DAN PESAN SOCIAL MEDIA MARKETING DI INSTAGRAM JENIUS DENGAN TINGKAT KEPERCAYAAN NASABAH PADA JENIUS

Siti Zahara Alawiyah Yulissa (Prodi S1 Ilmu Komunikasi)
Yanuar Luqman (Prodi S1 Ilmu Komunikasi)
Nurist Surayya Ulfa (Prodi S1 Ilmu Komunikasi)
Amida Yusriana (Prodi S1 Ilmu Komunikasi)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Banyaknya kasus penipuan berbasis social engineering yang terjadi mengatasnamakan bank digital Jenius dapat memberikan dampak negatif, salah satunya pada kepercayaan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan tingkat pemrosesan pesan edukasi konsumen tentang keamanan data digital dan pesan social media marketing di Instagram Jenius dengan tingkat kepercayaan nasabah pada Jenius. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eskplanatori, dan hipotesisnya berpedoman pada teori elaboration likelihood model (ELM). Pengumpulan data dilakukan melalui survei online terhadap 100 nasabah Jenius yang mengikuti akun Instagram Jenius (@jeniusconnect). Hipotesis penelitian dianalisis dengan uji korelasi Kendall’s Tau B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemrosesan pesan program edukasi konsumen (X1) dan tingkat pemrosesan pesan social media marketing di @jeniusconnect (X2) memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap Jenius (Y), sebagaimana dijelaskan oleh angka signifikansi masing-masing ialah 0,000 dan koefisien korelasi sebesar 0,394 dan 0,328.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

interaksi-online

Publisher

Subject

Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Interaksi Online adalah jurnal yang memuat karya ilmiah mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP Undip. Interaksi Online menerima artikel-artikel yang berfokus pada topik yang ada dalam ranah kajian Ilmu Komunikasi dan Ilmu ...