Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 1, No 1 (2014): March

IMPLEMENTASI NILAI–NILAI KARAKTER DALAM KEGIATAN PALANG MERAH REMAJA DI SEKOLAH BINAAN PMI

Ascosenda Ika Rizqi (Unknown)
Marzuki Marzuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan: mengimplementasikan nilai karakter dalam kegiatan PMR tingkat wira di sekolah binaan PMI Kota Malang. Jenis penelitian deskriptif kualitiatif yang dilaksanakan bulan Februari sampai April 2013 di SMAN 5 Malang, SMA Frateran Malang, SMKN 2 Malang, dan MAN Malang I. Teknik pengambilan data terdiri atas: wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: Nilai Kemanusiaan keempat sekolah dengan melaksanakan kegiatan kemasyarakatan dan donor darah; Nilai Kesamaan MAN I dan SMKN 2 menerapkan jiwa corsa, SMAN 5 menghilangkan batas senioritas, dan SMA Frateran melaksanakan outing; Nilai Kenetralan MAN I tidak membela organisasi manapun, SMKN 2 dan SMAN 5 memberikan santunan kepada siapapun, dan SMA Frateran boleh mengikuti ekstrakurikuler lain; Nilai Kemandirian MAN I dan SMAN 5 mengurus administrasi secara mandiri, SMKN 2 menerapkan disiplin waktu, SMA Frateran mengumpulkan kas; Nilai Kesukarelaan keempat sekolah dengan memberikan pertolongan tanpa imbalan; Nilai Kesatuan keempat sekolah dengan mempererat silaturahmi dengan warga sekolah; Nilai Kesemestaan MAN I berupa penyuluhan kesehatan, SMKN 2 dan SMA Frateran PMR selalu hadir di kegiatan sekolah, SMAN 5 mengirimkan duta untuk kegiatan nasional dan Internasional. Kata Kunci: nilai–nilai karakter, Palang Merah Remaja, Palang Merah Indonesia

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

hsjpi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS publishes and disseminates research result and analysis on integrated social sciences, history, economics, sociology, geography, and other relevant social sciences. The journal is expected to be beneficial to the development of social sciences comprehensively ...