Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 1, No 2 (2014): September

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL KONSTRUKTIVISTIK BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN

Yusri Yusri (Unknown)
Samsuri Samsuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2014

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain Kemmis Taggart, yang terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sentolo pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014, berjumlah 32 siswa.  Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif untuk menghitung nilai rata-rata hasil belajar, selanjutnya nilai rata-rata tersebut dibandingkan antara siklus I dengan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa adalah 59,41 (ketuntasan 0%), dengan tindakan siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 70,31 (ketuntasan 62,50%), pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,66 (ketuntasan 93,75%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran konstruktivistik berbantuan media dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sentolo Kulon Progo. Kata kunci: Model Konstruktivistik, media pembelajaran, hasil belajar IPS.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

hsjpi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS publishes and disseminates research result and analysis on integrated social sciences, history, economics, sociology, geography, and other relevant social sciences. The journal is expected to be beneficial to the development of social sciences comprehensively ...