Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 3 (2022)

PENGINTEGRASIAN KEYAKINAN AGAMA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Tursinawati Tursinawati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ari Widodo (Program Srtudi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)
Wahyu Sopandi (Program Srtudi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)
Hasbi Amiruddin (Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Selama ini pengintegrasian agama dan sains dalam pelaksanaan pembelajaran sering terabaikan. Padahal kedua aspek tersebut termuat dalam tujuan pendidikan dan kurikulum.  Penelitian ini bertujuan mengkaji pengintegrasian keyakinan agama dalam memperoleh ilmu pengetahuan pada pembelajaran IPA yang selama ini dilaksanakan guru Sekolah Dasar. Metode penelitiannya adalah studi kasus dengan subjek penelitian adalah guru Sekolah Dasar. Sumber data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif pada data angket, dan dianalisis kualitatif secara mendalam pada keseluruhan data. Hasil temuan menunjukkan bahwa selama ini guru Sekolah Dasar mengintegrasikan keyakinan agama dan sains dengan menghubungkan ayat Al-Qur’an dan materi IPA, namun jarang mengintegrasikan keyakinan agama siswa dalam memperoleh pengetahuan ilmiah pada pembelajaran sains. Guru sering mengalami kendala dalam mengintegrasikan keyakinan agama dan sains dalam menerapkan metode, pengaturan waktu, ketersediaan bahan ajar. Guru kadang-kadang mengajar atau menggunakan strategi pembelajaran seperti memotivasi siswa, memberikan apersepi, menggunakan metode dalam mengintegrasikan keyakinan agama pada pembelajaran IPA. Guru belum pernah melaksanakan penilaian terkait keyakinan agama pada pembelajaran IPA. Siswa kadang-kadang terlibat aktif dalam mendiskusi dan tanya jawab tentang keyakinan agama dalam memperoleh ilmu pengetahuan pada pembelajaran IPA. Pengintegrasian keyakinan agama pada pembelajaran IPA hendaknya dapat dilaksanakan secara eksplisit agar kedua aspek tersebut menjadi kesatuan yang utuh dalam kurikulum. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...