Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 3 (2022)

PENGEMBANGAN LKS HOTS BERBASIS WEBSITE PADA TEMA MAKANAN SEHAT UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA MI

Ifa Zuhria (Univeristas Islam Negeri Maliki Malang)
Wahidmurni Wahidmurni (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Indah Aminatuz Zuhriyah (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

 Pengembangan Lks Hots Berbasis Website Pada Tema Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa MI ini sangat diperlukan karena dihadapkan dengan kondisi global yang tinggi terutama persaingan di dunia pendidikan, sehingga perkemmbangan teknologi yang semakin canggih dan tuntutan memanfaatkan teknologi dalam dunia pendiidikan sungguh sangat menjadi salah satu kebutuhan yang utama. Selain itu mata pelajarann tematik merupakaan mata pelajaran yang menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan dalam suatu pembelajaran pada tingkat MI/SD, karena tematik merupakan pelajaran yang mencakup beberapa pelajaran yang dijadikan satu,sehingga pengembangan pembelajaran tematik perlu dibutuhkan inovasi baru. Tujuan penelitiian ini yaitu untuk; (1) Mendeskripsiikan spesifikasi desain Lks HOTS sebagai media pembelajaraan yang layak,efektif,menarik,dan praktis guna meningkatkan berpikir kritis siswa MINU Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang, (2) Menganalisa kelayakan dan kemenariikan dari Pengembangan Lks Hots Berbasis Website Pada Tema Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa MI,(3) Mendeskripsikan Lks HOTS untuk meningkatkan berpikir kritis siswa di MI. Metode yang dipergunakan pada penelitian ini adalah jenis peneliitian dan pengembaangan atau Research and Development ( RnD ) yang mempergunakan peneliitian kuantitatif mengacu pada teori dari Borg & Gall yang telah dikerucutkan menjadi 7 tahapan. Sampell dalam penelitiian ini yaitu siswa kelas V MINU Plandi 02 Malang. Instrumen pengumpulann data yang digunakan berupa observasii,wawancara,anket, dan tes. Validasi prosuk Lks HOTS dilakukan oleh tiga ahli, diantaranya;ahli materi,Ahli penyajian,dan ahli bahasa serta uji coba lapangan pada kelas V MINU Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang.Hasil pengembangan penelitian ini meliputi; (1) Hasil produk Lks HOTS berbasis Website yang dapat diaplikasikan menjadi salah satu sumber belajar siswa, (2) Produk ini terbukti menarik dan layak untuk dipergunakan, dilihat dari hasil validasi dan uji coba yang dilakukan. Validasi dari ahli desain dengan presentase 93,33%, validasi ahli materi sebesar 96,9%, validasi dari ahli bahasa sebesar 95,83%. Sedangkan uji coba lapangan pada prsentase kepraktisan sebesar 96,24%, presentase kemenarikan sebesar 98,39%, uji coba perorangan sebesar 93%, uji coba kelompok sebesar 94,19%, dan uji coba terbatas 98,92%. (3) Produk ini berhasil dalam meningkatkan berpikir kritis siswa, dengan menerapkan penilaian Pretest dan Posttest yang telah diolah menggunakan rumus Paired Simple t Test dan memperoleeh nilai signifikansii sebesar 0,000 sehingga Ho ditolak, artinya terdapat perbeedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunaakan Pengembangan Lks Hots Berbasis Website Pada Tema Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa MI.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...