Jurnal Pelangi
Vol 13, No 2 (2022)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL




Article Info

Publish Date
12 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model TAI, dan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization pada pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen subjek tunggal. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen tes hasil belajar dalam bentuk objektif (pilihan ganda). jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang yaitu kelas X Multimedia 1. Data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan paired t-test dan teknik N-Gain. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan “uji paired sample t-test” diperoleh kesimpulan bahwa terdapat terbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model TAI. Hasil uji n-gain dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran TAI pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital.

Copyrights © 2022