Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis pada materi program linier dua variable siswa kelas XI IPA SMAN 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel secara purposiv sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Hasil tes dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa dalam kriteria tinggi, kriteria sedang dan kriteria rendah. Persentase kemampuan komunikasi matematis pada setiap kriteria adalah kriteria tinggi 11,11%, kriteria sedang 44,44% dan kriteria rendah 44,44%. Jumlah siswa yang tergolong dalam kriteria tinggi 2 orang, sedang 8 orang dan rendah 8 orang.
Copyrights © 2022