Penelitian ini membahas masalah berikut. Siswa yang belum menjalankan program dalam mata pelajaran Pemrograman Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari validitas dan kepraktisan media pembelajaran Video Tutorial. Sampel dalam penelitian ini adalah 31 siswa di kelas X TKJ. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) penelitian. Model penelitian adalah model empat-D (empat D) yang terdiri dari 4 model (Tentukan), (Desain), (Kembangkan) dan (Penyebarluasan). Berdasarkan hasil penelitian, dua hal berikut disimpulkan. Pertama validitas media pembelajaran video tutorial mendapat skor dari para ahli media 0,700 lebih besar dari 0,667 dengan kategori yang valid dan dari ahli materi 0,733 lebih besar dari 0,667 dengan kategori yang valid. Kedua, kepraktisan media pembelajaran Video Tutorial mendapat skor penilaian dari respons guru yaitu 80% dengan kategori sangat praktis dan 91,28% respon siswa dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian media video tutorial yang dikembangkan valid dan praktis digunakan oleh siswa untuk belajar pemrograman dasar secara mandiri.
Copyrights © 2022